Fumigasi Total di Cilegon – 2015

(In English) Bulan Ramadhan, adalah bulan penuh kemuliaan hampir berakhir, ditandai dengan hadirnya Idul Fitri atau lebaran, hari penuh kemenangan. Dan perlahan lebaranpun akan berlalu, menyisakan banyak kenangan, pengalaman sekaligus pelajaran. Di antaranya ialah tentang persiapan yang dilakukan menjelang fumigasi total di Cilegon pada tahun 2015.

IMG_20150708_124133

Edi misalnya. Pria asal Salatiga ini menyambut datangnya lebaran dengan persiapan peralatan fumigasi total di daerah Cilegon. Lebaran kurang seminggu. Begitu semangat menyambut lebaran, karena prinsipnya, lebaran di manapun berada, asalkan kita masih berjuang untuk keluarga, hati kita masihlah tetap merasa berdekatan.

Sejak pertengahan Ramadhan, mulai prepare peralatan fumigasi. Tak kurang dari dua puluh item peralatan fumigasi dia kumpulkan.

Memang, pekerja fumigasi yang setiap harinya berkerja sebagai fumigator di perusahaan ini tak begitu repot dengan pakaian baru atau juga sepatu. Baginya pakaian dan sepatu baru tidaklah begitu penting. Begitupun dengan makanan, minuman dan juga perabotan, tak masuk dalam daftar yang ia persiapkan. Jauh lebih krusial baginya ialah memastikan bahwa peralatan fumigasi yang akan dia bawa ke Cilegon sudah siap.

IMG_20150708_130334 IMG_20150708_130319

Kesibukan-kesibukan seperti di atas dengan mudah kita dapati di masyarakat menjelang datangnya hari lebaran. Bahkan, barangkali kita salah satu yang melakukannya. Meski tak ada tuntunan atau ketentuan agama yang mengharuskan melakukan itu, namun begitulah faktanya. Orang-orang begitu berantusias, bersemangat melakukan berbagai persiapan buat menyambut datangnya Idul Fitri. Hari penuh ampunan, hari kemenangan setelah sebulah penuh melakukan puasa, menahan dan mengendalikan hawa nafsu.

IMG_20150708_152433 IMG_20150708_152201 IMG_20150708_152222 IMG_20150708_152304

Semakin mendekati hari lebaran, persiapan yang dilakukanpun semakin terlihat nyata. Hampir setiap orang, di setiap lokasi melakukan aktifitas berkaitan dengan hari lebaran. Seolah-olah, apapun yang dilakukan dapat dipastikan buat lebaran. Apa-apa buat lebaran, semuanya buat lebaran. Bagitulah nyatanya. Namun semestinya persiapan nan dilakukan janganlah sampai dipaksakan, tetapi disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s