Fumigasi dan Teknologi Informasi

(In ENGLISH) Persaingan fumigasi dengan keunggulan kompetitif merupakan faktor yang menentukan dalam meningkatkan kinerja di PT TRIBHAKTI INSPEKTAMA SEMARANG (PT. TRITAMA).

PT. TRITAMA memanfaatkan jaringan informasi secara lebih baik dan menjadi salah satu cara alternatif dengan mudah dan cepat dalam mendapatkan informasi tentang potensi fumigasi ke depan. Inilah yang mendorong perusahaan untuk mengoptimalkan SDM melalui pemanfaatan kemajuan teknologi yang dimiliki. Kebutuhan SDM di PT. TRITAMA dapat disesuaikan dengan potensi perusahaan dalam mewujudkan misi dan visi yang telah ditetapkan. Dan bukan merupakan hal yang rumit untuk lebih mengeksplorasi kompetensi SDM melalui penggunaan jaringan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin canggih.

Saat ini masalah yang dihadapi oleh PT. TRITAMA membawa sejumlah implikasi bagi pemanfaatan teknologi informasi yang dilakukan oleh perusahaan. Adalah keniscayaan bahwa daya saing sektor ekonomi perusahaan akan terwujud bila didukung oleh teknologi informasi yang handal. Teknologi informasi yang unggul baik dalam kapasitas penguasaan IPTEK maupun sikap mental, sehingga dapat menjadi subyek atau pelaku usaha yang handal.

Sebuah usaha diperlukan untuk mengubah pandangan hidup (shifting paradigm) agar proses pemanfaatan teknologi informasi mampu mendorong berbagai keahlian SDM yang bisa mengolah bidang-bidang kerja yang menggerakkan roda perusahaan. Harapannya adalah SDM yang dimiliki oleh PT. TRITAMA mampu memperjuangkan kebutuhan dan penguatan pemanfaatan IT yang menjadi core business-nya. Bisa dibayangkan bila hal ini terwujud, sektor pendapatan perusahaan tentu dapat meningkat.

Pemahamannya adalah bahwa setiap individu memulai proses pengembangan manajemen dengan berusaha mendapatkan pengetahuan tentang pekerjaan dari bisnis perusahaan ini menjadi penentu langkah pendayagunaan SDM. Mereka harus mampu mengembangkan bakat dalam manajemen untuk menjalankan bisnis fumigasi secara serius.

Lebih lanjut dengan mengembangkan SDM sehingga bisa menjadi kontributor individu yang mempunyai dasar kuat, tidak mudah menyerah dan fokus terhadap fungsi, tugas dan tanggung jawab. Kemudian SDM mampu untuk mencapai tujuan bisnis melalui pembentukan proyek kerja, tim, maupun tugas khusus, dan lain-lain. Akhirnya, SDM di PT. TRITAMA mempunyai cara pandang strategis dan terlibat dalam menentukan arah bisnis fumigasi yang dikembangkan bersama selama ini.

IMG_20150730_085519 IMG_20150730_085446 IMG_20150730_085456 IMG_20150730_085507 IMG_20150730_085515

Dasar yang digunakan sebagai pendukung dari kegiatan pengembangan SDM di PT. TRITAMA, yaitu penggunaan kompetensi. Dimana sangat jelas diperlukan konsistensi dalam menggunakan kompetensi kerja tersebut. Sebab hal ini menjadi kunci dalam peningkatan kinerja individu (SDM). Hal-hal yang menjadi perhatian perusahaan, seperti staf-staf yang terpilih berdasarkan standar kompetensi mempunyai kesempatan yang lebih besar untuk menjadi lebih produktif dan tetap pada pekerjaannya daripada SDM yang terpilih dengan menggunakan kriteria lain.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s