Pelaksanaan Fumigasi Gedung di PT. Sido Muncul – 2016

(In English) PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk telah berhasil memiliki market share tertinggi dan reputasi yang baik sebagai industri jamu terbesar di Indonesia. Keberhasilan yang telah dicapai saat ini tentunya tidak terlepas dari peran dan pelaku pendiri industri ini, baik dari segi manajemen mutu maupun kendali produksinya.

Salah satu hal selalu dilakukan adalah dengan melakukan fumigasi gedung atau pabrik yang dilakukan pada tanggal 20-22 Mei 2016. Pelaksanaan fumigasi dilakukan oleh orang atau perusahaan yang berkompeten yang memiliki semua persyaratan yang dibutuhkan dalam pelaksanaan fumigasi baik aspek administrasi, aspek teknis maupun aspek SDM.

Aspek administrasi meliputi semua persyaratan administrasi yang dipersyaratkan untuk pelaksanaan fumigasi seperti perijinan, badan hukum, sertifikasi dll. Aspek teknis meliputi semua persyaratan teknis yang harus dimiliki oleh pelaksana baik peralatan maupun perlengkapan yang dibutuhkan dalam pelaksanaan fumigasi.

Pelaksana fumigasi disampaikan dengan metode pelaksana fumigasi dan pestcontrol sesuai SOP atau standar yang berlaku sesuai dengan SOP fumigasi dan pestcontrol pada bangunan khusus/ruang arsip termasuk penanganan bahan kimia berbahaya dan tindakan keselamatan dan kesehatan kerja.

Pelaksanaan teknis fumigasi dilakukan oleh 2 (dua) orang atau lebih tergantung pada besarnya beban pelaksanaan fumigasi. Dalam setiap pelaksanaan fumigasi setidak-tidaknya harus ada satu orang yang telah dilatih dan berpengalaman dalam melaksanakan kegiatan fumigasi dengan sulfuryl fluoride (pelaksana bersertifikat).

Orang ini ditunjuk sebagai penanggungjawab dalam pekerjaan fumigasi dan harus selalu berada di lokasi saat fumigasi dilakukan.

Persyaratan untuk ditunjuk sebagai penanggungjawab pelaksana fumigasi sebagai berikut:

  • Memahami teknik fumigasi dengan menggunakan sulfuryl fluoride;
  • Merencanakan pelaksanaan fumigasi;
  • Menjelaskan rencana fumigasi kepada pembantu pelaksana fumigasi dan orang-orang yang terlibat dalam pelaksanaan fumigasi dan memahami keberhasilan pelaksanaan fumigasi.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s