Pekerjaan di Lebaran 2016

(In English) Di lebaran tahun 2016 ini, kami mendapatkan kepercayaan untuk melakukan pekerjaan di PT. Pundi Kencana Flour Mills, Cilegon Banten dan PT. Wilma Nabati Indonesia, Gresik. Rasa lelah dan penat yang tiada berkesudahan, meninggalkan keluarga di rumah, sanak famili dan handai taulan. Jauh dari kampung halaman, serta jauh dari kebiasaan di rumah. Di mana tali silaturahmi dan saling berkunjung dari satu rumah ke rumah yang lain, tidak terkira…

Picture 046
Brifing sebelum bekerja

 

Semua itu dibayar dengan keikhlasan dan ketulusan untuk mendedikasikan diri pada komitmen kerja yang telah dilakukan antara perusahaan dengan pabrik-pabrik besar selama beberapa tahun ini. Begitu besar kepercayaan

Picture 050
Bongkar peralatan

diberikan oleh pabrik ternama, bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Mulai dari pencarian tenaga outsourcing yang handal, berpengalaman dan sudah mengikuti jejak perusahaan selama beberapa tahun, tenaga baru yang memang harus mendedikasikan diri , tenaga teknis, tenaga administrasi yang sekaligus sebagai tenaga teknis, semua bercampur baur dalam 1 kalimat, bertekat untuk melakukan yang terbaik.

 

Picture 057
Instalasi Kabel

Apapun… ya… apapun pekerjaan yang kita lakukan, tidak melihat apakah seorang direktur atau seorang helper, jika sudah turun di lapangan, tidak akan terlihat bajunya, yang terlihat hanya orang yang bekerja dengan penuh keyakinan, bahwa apa yang dilakukan mereka adalah yang terbaik, dan menjadikan pekerjaan mereka selesai, cepat dan tepat waktu.

 

Bagi kami, perusahaan yang tepat berada di pulau Jawa, topologi bukanlah menjadi hal yang besar. Jika melihat dari peta, bahwa Cilegon berada di daerah Barat, sedangkan Gresik berada di Timur, berpikir lebih keras lagi untuk mengeksplor tenaga dan pikiran dan peralatan ke dua tempat sekaligus. Tahun ini sebenarnya bukanlah “tahun baik” kami, mengingat pada tahun-tahun yang sebelumnya kami pernah mengerjakan lebih dari 2 perusahaan besar. Namun berapapun kepercayaan yang diberikan kepada kami, tidak menjadikan kami orang yang mudah putus asa. Toh, kepercayaan itu sudah teruji, dengan asumsi bahwa, dengan tidak diadakannya fumigasi, berarti fumigasi yang telah kami lakukan tahun sebelumnya adalah sukses besar, dimana tidak ada kejadian serangan hama yang berarti.

Picture 065
Bongkar SF

Namun yang menarik dari beberapa pekerjaan kami adalah, bahwa tenaga-tenaga di lapangan yang luar biasa. Bisa dibayangkan, dengan kondisi listrik mati, harus mencapai lantai 7,8 bahkan lantai 9 dengan hanya menggunakan tangga darurat. Belum lagi cara sealing yang memerlukan ekstra hati-hati dengan menggunakan body harness, instalasi listrik yang sekarang menggunakan kaki tiga, berdaya tegang sangat tinggi, dan yang lebih berbahaya lagi ketika melakukan gassing. Belum juga ketika adanya kebocoran antara pipa nipple dengan pipa sirkulasi.

Picture 085
Sealing

Semua dilakukan dengan penuh kecermatan dan kehati-hatian, kelalaian sedikit saja… nyawa terancam, dan lebaran yang diharapkan berakhir berbahagia bisa berakhir dengan duka.

 

Daerah pabrik tepung, yang sebagian besar berada di dekat pantai menyebabkan suhu udara di pabrk begitu amat menyengat. Berbeda jauh dengan kehidupan di Ungaran, Kabupaten Semarang yang sejuk dan tenang. Hiruk pikuk kota-kota besar yang tidak pernah tidur sangat terasa.

Gresik yang berjarak sekitar 15 menit dari Ibukota Propinsi Jawa Timur, Surabaya, tidak berbeda jauh dengan kota-kota pinggir pantai. Selain pabrik tepung besar Wilmar, juga terdapat pabrik semen Gresik, Petrokimia dan beberapa pabrik besar lainnya.

PT Wilmar Nabati Indonesia dan PT. Pundi Kencana sangat mengutamakan keselamatan kerja. Sebelum melakukan pekerjaan, kami berada dalam 1 jajaran tenaga yang lain dan melakukan induksi. Induksi ini dalam arti lain adalah brifing, penjelasan, keterangan bahkan sampai ancaman. Sekecil apapun kecelakaan kerja yang terjadi di ke dua perusahaan itu, harus benar-benar dilaporkan, dan sekecil apapun kejahatan yang kita lakukan, akan benar-benar dilaporkan kepada pihak yang berwajib.

Picture 110
Gassing

Jangankan untuk melakukan kejahatan, bahkan untuk bekerja cerobohpun sangat ketat. Masuk harus menggunakan helm proyek, rompi, safety shoes, body harness, sedangkan untuk handphone, camera dan alat komunikasi selain Handy Talkie sangat amat dilarang.

 

Seketat apapun peraturan, adalah untuk keselamatan kita. Begitu juga dengan pekerjaan seberat apapun, komitmen kami adalah menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan target dan keinginan klien.

Dan… hanya kebahagiaan yang tiada terhingga, jika melihat hasilnya seperti yang diharapkan….

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s