ANRI 2nd DAY – 2016

7.25

(In ENGLISH) Pagi-pagi buta sudah terdengar kumandang Subuh. Ternyata waktu di Jakarta 5 menit lebih cepat dari Ungaran. Hawa dingin yang menusuk tulang ternyata dihasilkan oleh AC kamar kami. Kamar hotel yang disediakan oleh perusahaan, cukup memadai untuk orang-orang seperti kami. Ketika semua belum terbangun baru teringat ada beberapa catatan kecil yang belum ditulis.

Hawa Jakarta di luar ternyata tidak sedingin di dalam kamar. Walaupun tidak sekeras di Gresik, Jakarta yang penuh dengan lalu lalang dan kesibukan orang-orang masih dianggap sejuk. Pepohonan yang tertanam rapi besar-besar yang menjulang tinggi memberikan pernapasan di daerah Cilandak ini, masih terasa segar.

Setelah melakukan Sholat Subuh, sambil bercanda gurau di sela-sela breafing, kami mempersiapkan peralatan komunikasi, helm proyek, safety shoes serta baju rompi kami. Pengalaman dari beberapa pekerjaan kami membuat standart keselamatan yang menunjang pekerjaan. Mengingat pekerjaan yang harus dilakukan ekstra hati-hati, karena keluarga menunggu di rumah. Sebagai catatan, bahwa kami di ANRI baru pertama kali melakukan fumigasi ini. Melihat pekerjaan yang dilakukan vendor tahun kemarin, dapat diambil beberapa kesimpulan.

Seperti yang diceritakan oleh Bpk. Lukman ada beberapa bagian sisa lakban yang masih menempel. Dan lemari arsip ternyata disingkup/ditutup memakai plastik. Hal ini membuktikan kalau fumigant yang dipakai tidak memakai SO2F2, tetapi memakai phospin, yang mana fumigant tersebut akan merusak atau korosif terhadap metal.

Sangat disayangkan memang, bukti negara harus spekulasi dengan pekerjaan yang kurang tepat. Tetapi hal ini menjadikan pelajaran buat kami, apalagi gedung F yang notabene, materi arsip berbentuk film, sangat rentan terhadap bahan-bahan kimia. Jika mengingat ini, kami teringat pekerjaan di Solo di Monumen Pers Nasional Solo, sudah hampir tiap tahun kami kerjakan dan sampai saat ini, Alhamdulillah, tidak ada komplain tentang kerusakan akibat fumigant sulfuryl. Ke depan kembali kami berharap ada kajian tentang fumigant sulfuryl terhadap materi film lama. Menjadi tantangan buat kami, bahwa pekerjaan ini merupakan kado terindah untuk Indonesia tercinta.

 

08.00

Setelah sarapan seadanya kami meneruskan kerja ke gedung ANRI. Hal pertama yang dilakukan adalah instalasi pipa distribusi gas. Cukup banyak pipa yang kami bawa, selain ada sekitar 7 lantai juga ada 2 gedung yang akan kami kerjakan.

Pembagian tugas pun dilakukan. Gedung G dengan personil 3 orang (2 orang sealing, instalasi pipa dan 1 orang instalasi kabel). Sementara gedung E 4 orang (2 orang instalasi pipa dan 2 orang sealing). Pekerjaan kami lakukan dengan sangat hati-hati, karena ternyata AC di kedua gedung ini tidak pernah dimatikan, sehingga panas terik di luar tidak terasa.

 

11.30

Kami lakukan sealing mulai dari lantai atas. Sementara instalasi pipa sudah selesai dilakukan. Pada waktu itu plastik sealing mika sudah hampir habis, padahal kami sudah mencapai lantai 5 yang berarti baru 3 lantai kami kerjakan. Tetapi sebelum pekerjaan dilanjutkan, adzan Dluhur sudah memanggil. Kami sholat, makan, brefing dan evaluasi sebentar.

Kemudian pekerjaan kami lakukan sampai tidak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 16.30 WIB yang mana jam kantor sudah selesai. Tepat saat itu datang Bpk. Ahmad dan Bpk. Sugimin yang melihat pekerjaan kami. Tampak rasa puas di raut muka beliau berdua dengan pekerjaan kami. Karena pekerjaan sudah dilakukan sesuai dengan jadwal, mengingat gassing harus dilakukan pada hari Jum’at.

Akhirnya kami pun pulang dengan perasaan lega, plastik yang sekiranya diperkirakan habis ternyata masih cukup. Masih ada beberapa bagian yang belum sealing, karena memang yang belum sealing adalah AC dan pintu darurat.

Bersambung ke ANRI 3rd DAY…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s