ANRI 3rd DAY – 2016

(In ENGLISH) Seperti biasa, dikarenakan kelelahan, kami kesiangan. Namun satu per satu team sudah bangun dan mulai melanjutkan aktivitas. Rasa lelah yang terasa sudah terbayar dengan canda gurau semalam. Iya, sampai pukul 22.30 kami brifing yang berakhir dengan canda gurau kami. Salah satu obat kerinduan kami terhadap keluarga di rumah.

05.00
Ada beberapa catatan kecil yang kami buat. Dikarenakan pekerjaan kami menyebabkan harus konsentrasi penuh dan lupa dengan catatan-catatan kami. Beginilah keadaan kami, apa yang bisa dikerjakan, kami kerjakan terlebih dahulu. Tidak memandang bulu, apakah seorang helper ataukah leader. Prinsip kami kekompakan merupakan keberhasilan kami menuju tujuan yang sama. Banyak yang harus kami lakukan hari ini, mulai dari pemasangan instalasi listrik, pemasangan selang distribusi, pengangkutan tornado fan ke titik-nya. Tidak lupa ada beberapa lubang AC yang belum ditutup, hal ini dikarenakan AC kemaren masih menyala dan direncanakan hari ini akan dimatikan.

07.30
Kami mencari sarapan, dan sungguh beruntung, kami menempati peristirahatan yang dekat dengan pedagang makan. Aneka makan tersedia di sini dengan harga yang relatif murah. Berbeda di Gresik yang notabene kota industri, Jakarta tidak sekejam Gresik dalam hal makanan dan kami pun tidak pernah mengeluh karena kami sudah terbiasa dengan keadaan seperti ini.

08.00
Kami sudah siap memasuki gedung ANRI mulai mempersiapkan selang, kabel dan cheking beberapa lubang AC yang harus ditutup.

12.30
Pekerjaan instalasi listrik sudah selesai. Masing-masing 2 buah tornado fan di pasang di 8 lantai pada 2 gedung. Ini dikarenakan untuk meratakan konsentrat sulfuryl di ruangan, yang hasilnya akan dimonitoring.
Setelah instalasi listrik dipasang dengan pengecekan kipas, ternyata ada 1 kipas yang mati di lantai 8. Dicek ternyata ada sambungan terminal yang lepas. Ini dikarenakan kabel yang ditarik-tarik untuk memberikan tornado fan yang tepat. Setelah diperbaiki kami istirahat dan makan siang.
Makin siang, pekerjaan kami lakukan dengan cepat karena target kami adalah pasang selang distribusi, selang monitoring dan instalasi listrik. Selang monitor dipasang, selang kecil ini dipergunakan untuk memonitor konsentrat sulfuryl dengan alat interferometer merk Reiken pada jadwal monitoring hari Jum’at dan Sabtu.

15.30
Tidak disangka setelah itu target hari ini selesai sesuai dengan jadwal. Kami pulang agak sore sambil evaluasi kerja pada hari ini. Banyak evaluasi yang dilakukan hari ini, dimana pekerjaan mulai dilakukan secara individual. Hal ini dikarenakan spesifikasi pekerjaan sudah dilakukan secara perorangan.
Seperti halnya instalasi listrik, penarikan, pengukuran dan penempatan kabel dilakukan bersama, namun ketika memasang jack dan terminal dilakukan oleh ahli kami.
Sedangkan penempatan tornado fan dan selang monitoring dilakukan oleh tenaga yang berkompeten kami. Seperti yang penulis alami, ketika menginstal kabel, ketika mengatul kabel di suatu titik. Bisa dibayangkan sepi dan sendiri hanya ditemani oleh saksi bisu keberadaan arsip bangsa Indonesia ini.

Bersambung ke ANRI 4th DAY…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s