ANRI 4th DAY – 2016

6.45
(in ENGLISH) Agak bangun kesiangan, kami sudah selesai sholat Subuh dan mandi. Udara terasa panas pagi ini, sedikit melakukan brifing, kami berkumpul untuk melakukan tugas hari ini.
Rencana hari ini spraying, cold fogg dan yang terakhir ada eksekusi gassing. Fogging dan spraying dilakukan untuk tempat-tempat yang tidak terkena fumigasi, seperti tangga darurat, selokan luar gedung dan beberapa tempat lain. Fogging yang dilakukan adalah cold fogg / fogging cair / ULV.

Sebelum bekerja, kami mencari makan untuk menambah tenaga kami. Sarapan pagi harus dilakukan karena pekerjaan hari ini merupakan pekerjaan yang beresiko tinggi, jangan sampai kami melakukan kesalahan. Sekecil apapun kesalahan bisa berakibat fatal dan hal seperti itu harus benar-benar kita hindari.
Resiko terbesar dalam pekerjaan ini adalah jatuh dari ketinggian dan terkena racun yang bisa mengakibatkan kematian. Namun kami sangat konsisten dalam melakukan pekerjaan ini. Helper-helper yang berpengalaman sudah ikut beberapa kali dalam pekerjaan fumigasi.
Bahkan penulis sendiri-pun yang tidak pernah turun diberi pelajaran yang sangat berharga. Dengan kerja keras dan keinginan untuk memuaskan klien adalah keinginan kami yang sangat kuat.

08.00
Pekerjaan fogging pun dimulai. Yang dilakukan fogging adalah di dalam gedung. Takaran 2 gelas obat cold fogg yang dicampur dengan air lalu dilakukan fogging mulai dari lantai atas. Selanjutnya sampai lantai dasar. Begitu juga dengan gedung G, perlakuannya sama dengan gedung E.
Sembari di dalam gedung dilakukan fogging, maka di luar ruangan dilakukan spraying. Hal ini dilakukan untuk mencegah serangga yang tidak terkena fumigasi. Sampai dengan pukul 11.30 baik fogging maupun spraying selesai dilakukan.

12.45
Setelah sholat Jumat, istirahat dan makan siang, dilakukan pengecekan terhadap seal-seal yang ada. Ada beberapa sealing yang terlepas dari lakban. Hal ini dikarenakan hembusan AC yang belum dimatikan cukup kencang, menyebabkan dorongan terhadap sealing terlepas. Kembali kami rekatkan lagi sealing lubang-lubang AC, dan sampai saat ini AC belum juga dimatikan. Setelah chek sealing, kami bersiap-siap melakukan gassing.
Pertama-tama kami mempersiapkan danger line dan danger area. Banyak karyawan ANRI yang mempertanyakan apakah fumigasi sudah dilakukan. Kami hanya tersenyum dan menjawab belum. Kami tidak mau mengambil resiko dengan mempertaruhkan nyawa orang
Setelah itu kami bersama team dari ANRI membuat hama kontrol sebanyak kurang lebih 30 gelas yang berisi ulat hongkong dan jangkrik. Penyebaran hama kontrol ini dilakukan oleh team ANRI.

17.45
Danger line dipasang, danger area dipasang, tepat pukul 17.45 gassing mulai dilakukan. Kami mulai memakai masker canister agar tidak ada gas yang kami hirup, gassing disaksikan oleh Bpk. Sukiman dan Bpk. Ahmad.
Satu demi satu tabung gas telah dilepas, para pegawai ANRI yang ikut mendampingi menyaksikan dari jarak jauh, sambil sesekali mengambil momen yang penting dalam fumigasi.

18.15
Tepat adzan Maghrib, gassing telah dilakukan. Semua gas telah habis. Beberapa petugas yang berkompeten melepas gas, sementara petugas yang lain merapikan tabung dan menutup pengamannya, kunci inggris, tali ban, lap untuk mengelap napple yang membeku karena hembusan Sulfuryl ke pipa distribusi. Pelepasan gas dengan 30 tabung telah selesai dilakukan selama hampir 30 menit.
Rasa lelah dan letih terobati dengan keberhasilan pelepasan fumigant tanpa kendala yang berarti. Setelah ini akan dilakukan monitoring-1 pada pukul 20.00 nanti malam.

20.00
Monitoring dilakukan, hasilnya cukup bagus. Semua konsentrasi di atas 20 ppm, kecuali dilantai 7 gedung G dengan konsentrat 3 ppm. Kami belum mengetahui secara pasti penyebab rendahnya konsentasi ini. Kami tidak menutup kegagalan ini, kami selalu bicara apa adanya, karena segala kelebihan dan kekurangan selalu kami ungkapkan ke publik, demi perbaikan dan mempertahankan konsisten kami terhadap klien.

Bersambung ke ANRI 6th DAY…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s