Fumigasi Depo Arsip GOR dan Brangsong di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kendal 2017

(In ENGLISH) Kearsipan memegang peranan penting dalam jalannya sebuah organisasi. Mengingat pentingnya sebuah arsip, diperlukan suatu peraturan perundang-undangan agar kegiatan pengelolaan arsip dapat berjalan dengan baik. Pada suatu organisasi, bidang kearsipan merupakan salah satu unsur dari kesekretariatan atau ketatausahaan. Administrasi pada kearsipan meliputi kegiatan dalam suatu pengurusan, baik mengenai pengumpulan, pengelompokan, penyimpanan atau penemuan kembali, penyusutan atau pemusnahan arsip.

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kendal mempunyai fungsi dan tugas pokok membantu Bupati melakukan penyusunan dan pelaksanaan kebijaksanaan di bidang perpustakaan dan kearsipan. Dengan fungsi tersebut badan arsip bertanggung jawab mengelola dan melestarikan arsip statis yang berada di lingkup Kabupaten Kendal. Agar tanggung jawab pengelolaan arsip statis dapat dilakukan seefisien dan seefektif mungkin, maka perlu diterapkan suatu manajemen dalam pengelolaannya, yaitu manajemen arsip statis.

SealingSealing adalah penutupan celah dan lubang agar untuk memastikan tidak ada kebocoran, agar diharapkan obat yang dikeluarkan bisa terpapar secara merata dan tidak keluar dari target fumigasi. Sealing dalam arti lain adalah menutupi jendela, pintu, lubang atau retakan tembok, bahkan tembok yang terbuat dari kayu, agar fumigant tidak keluar.

Instalasi (listrik, selang distribusi, pipa distribusi, selang monitoring, fan, penempatan hama kontrol) – Setelah sealing sudah selesai, selanjutnya adalah penempatan fan yang masing-masing 1 buah tornado fan di pasang pada 2 depo. Ini dikarenakan untuk meratakan konsentrat fumigant di ruangan, yang hasilnya akan dimonitoring. Pekerjaan kami lakukan dengan cepat karena target kami adalah pasang selang distribusi dan instalasi listrik.

Pemasangan tanda bahaya – Pemasangan tanda bahaya dilakukan agar tidak ada pegawai ataupun orang yang masuk daerah fumigasi. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi bahaya dimana SO2F2 adalah fumigan yang sangat berbahaya bagi manusia.

 GassingKetika gassing dilaksanakan, menggunakan masker yang dilengkapi dengan canister untuk atau Self Contain Breathing Apparatus (SCBA). Selang pengukuran gas. Memastikan selang pengukuran gas sudah terpasang pada ruangan yang akan difumigasi sebelum pelaksanaan fumigasi, dan pada bagian ujung selang ditempatkan pada ruangan yang aman dari fumigasi; dilakukan deteksi kebocoran gas menggunakan Riken Leak Detector.

Aerasi – Aerasi dilakukan dengan pembukaan sealing pada ruangan yang difumigasi, dibuka setelah masa karantina selesai. Pembukaan sealing dibuka secara perlahan agar dapat terjadi sirkulasi oksigen dengan sisa gas yang akan terlepas ke udara.

 CleaningSetelah proses fumigasi dilakukan adalah dengan membuka seal-seal penutup jendela, pintu, lubang-lubang pipa dan lain-lain. Selain itu pembersihan juga mencakup lakban yang masih menempel di rak arsip, pintu maupun jendela agar terlihat seperti semula. Cover sheet yang sudah tidak terpakai, dilipat sedemikian rupa sehingga mudah untuk pembuangannya.

 Termite controlTermite Control adalah pekerjaan jasa mengendalikan rayap yang kehadirannya dapat merusak kayu bangunan dan perabotan rumah yang bahannya terbuat dari kayu atau bahan yang mengandung selulosa. Termite control bermanfaat sebagai inventasi untuk melindungi aset berupa rumah / bangunan dan perabotannya supaya  mempunyai nilai pakai yang lebih lama. Mulai dari bangunan sederhana sampai gedung bertingkat tidak lepas dari bahaya rayap. Setelah perlakuan fumigasi yang mengharuskan di dalam ruangan yang kedap gas, makan diperlakukan termite control yang dilakukan di luar ruangan. Hal ini dilakukan agar ruangan yang sudah difumigasi tercemar oleh hama yang di luar ruangan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s